Rabu, 13 Mei 2009

14. 290 SMK dirintis Jadi SBI


JAKARTA - Direktorat Pembinan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas menargetkan mulai tahun 2008 ini sebanyak 290 SMK akan mulai dirintis menjadi Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).

Penyelenggaraan rintisan SMK bertaraf internasional ini dimaksudkan untuk mendongkrak mutu pendidikan di Indonesia agar mampu bersaing secara internasional. Jika program ini berhasil maka di tahun berikutnya 2009 ada sebanyak 500 SMK yang tersebar di seluruh Indonesia akan dijadikan pula sekolah bertaraf internasional.

Oleh sebab itu, secara struktual dan kultural SMK mulai dari sekarang harus berbenah diri dan berubah total. Sebab pandangan terhadap SMK kini pun sudah berubah, SMK kini bisa dikatakan sejajar dengan SMU lainnya dan tidak lagi menjadi sekolah kelas "dua".

Demikian dijelaskan Direktur Pembinaan SMK Joko Sutrisno usai memberi pengarahan tentang Panduan Pelaksanaan Bimbingan Teknik SMK - SBI kepada Kepala Sekolah SMK dari seluruh propinsi Indonesia, Rabu (16/7).

Menurut Joko, sesuai dengan arahan dan kebijakan Mendiknas Bambang Sudibyo bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan, program SBI akan menghasilkan mutu lulusan yang diakui dan setara dengan tamatan sekolah pada negara-negara Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) atau negara maju lainnya.

Sumber: http://www.smkpgri1jkt.org/news/5/tahun/2008/bulan/07/tanggal/20/id/10/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar